Wednesday 27 February 2013

STUDY

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Cara-cara belajar dan dalil al-Quran :

1. Bertanya jika tidak faham.

(An-Nahl : 43) dan kami tidak mengutuskan sebelum engkau (Muhammad) melainkan orang laki-laki yang kami beri wahyu kepada mereka, maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui.

2. Ulangkaji apa yang telah dipelajari.

(Al-Isra : 41) dan sungguh, dalam al-Quran ini telah kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan) agar mereka selalu ingat. Tetapi (peringatan) itu hanya menambah mereka lari (dari kebenaran).

3. Usaha.

(An-Najm : 39) dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya.

4. Persediaan adalah penting.

(Al-Hasyr : 18) wahai orang-orang yang beriman! bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memerhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah maha teliti terhadap apa yang kamu kerjakan.

5. Allah tidak akan mengubah nasib sesuatu kaum melainkan mereka sendiri yang mengubahnya.

(Ar-Ra'd : 11) baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya mereka menjaga atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib sesuatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

6. Fokus.

(Al-Mu'minun : 2) (yaitu) orang yang khusyuk dalam solatnya.


Renung-renungkan dan selamat beramal! :)


No comments:

Post a Comment